Senin, 10 September 2012

Arti Dari Latar,Tema,Amanat Dan Tokoh Dalam Cerita

Hay Adik Adik Semua? Kalian Belum Mengerti kan arti dari Latar,Amanat,Tema,Dan Tokoh
Mari Kita Simak Dibawah Ini!

Latar dibagi menjadi 3 yaitu ada latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Latar  merupakan keterangan tempat yaitu segala sesuatu yang menjelaskan tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar tempat yang terdapat dalam cerita misalnya di Istana, di medan perang, di kerajaan majapahit, di kampung paman, di gunung, di hutan, di sungai, atau di jalan.
Latar waktu adalah waktu terjadinya peristiwa dalam cerita atau dongeng. Latar waktu dalam cerita misalnya pagi hari, siang hari, malam hari, sore hari, pukul 20.00, saat matahari munculm atau tengah malam
Latar Suasana merupakan penjelasan mengenai suasana pada saat peristiwa terjadi. Suasana dalam cerita atau dongeng misalnya suasana menyedihkan, suasana menggembirakan, suasana mengharukan. Perhatikan cerita berikut ini : Zaman dahulu ada seorang petani bernama Pak Kasih. Sesuai julukannya dia seorang  petani yang rajin dan dermawan. Padahal dia tidak kaya. kedermawannya menjadi buah bibir orang sehingga terdengar oleh Baginda Raja Adil. Ketika Raja berulang tahun Pak Kasih diundangnya untuk makan bersama di Istana. Undangan Baginda Raja tidak membuat Pak Kasih sombong. Ia merasa lebih rendah hati. Contoh soal : Latar dari penggalan dongeng di atas adalah …..a. Istana, b. rumah makan, c. ruang makan, d. halaman Istana. Latar yang menonjol dalam kutipan tersebut yaitu latar tempat. latar tempat dalam cerita itu adalah di Istana (a). Dibuktikan dengan kutipan  “Pak Kasih diundangnya untuk makan bersama di Istana.
Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh dalam dongeng atau cerita dapat berupa manuasia atau binatang. Tokoh dalam dongeng memiliki sifat yang berbeda-beda. Misalnya baik, jahat, pemalas, rajin atau manja. Sifat tokoh tersebut disebut Watak. Contoh Soal : Watak Pak Kasih dalam cerita di atas adalah…..a. pemarah, b. serakah, c. sombong, d. rendah hati. Jawabannya : d. Kutipan dongeng tersebut memiliki tokoh utamayaitu Pak Kasih. Pak Kasih adalah seorang petani yang rajin, dermawan, dan tidak sombong. Sifat Pak Kasih tersebut ditunjukan dalam kalimat kedua dan keenam. jadi pilihan jawaban yang sesuai dengan sifat Pak Kasih yaitu rendah hati.
Amanat merupakan pesan dalam dongeng batau cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Pesan biasanya berisi contoh nasihat atau perbuatan-perbuatan bijak. Contoh Soal : Amanat yang terkandung dalam dongeng diatas adalah…….a. Keberhasilan membuat kita sombong, b. Kita tidak boleh sombong terhadap sesama, c. Kita harus menjadi seorang pemimpin yang baik, d. Kesombongan membuat kita jadi bangga dan serakah. Jawaban : b
Sedangkan tema adalah merupakan gagasan pokok cerita, atau topik pokok cerita. Misalkan cerita tersebut menceritakan keadan tentang sekolah, ada siswa, guru, lingkungan sekolah, mata pelajaran bisa dikatan cerita tersebut bertema pendidikan. Lagi misalnya suatu cerita menjelaskan atau mengisahkan tentang bermacam-macam kesenian ada kuda lumping, tarian, ketoprak dan lain-lain maka bisa di katakan cerita tersebut bertema kesenian. Tema-tema dalam pembelajaran Bahasa Indonesia banyak sekali contohnya tema : pendidikan, kesenian, kerajinan tangan, teknologi, pertanian, transportasi dan sebagainya.



Semoga Bermanfaat :) Dan Menambah Ilmu Kita :)

2 komentar: