Jumat, 07 September 2012

Jangan Menonton TV Terlalu Dekat

Ketika masih kecil, Anda pasti sering mendengar pesan orang tua untuk tidak terlalu dekat saat menonton televisi. Mereka bilang cahaya, radiasi, atau apapun itu yang berasal dari monitor mampu merusak mata Anda. Namun apakah pernyataan ini memang benar?
Seperti yang dilansir dari Life's Little Mysteries (01/09), ada waktu ketika menonton televisi dalam jarak dekat memang benar mempengaruhi kesehatan mata. Mitos tersebut berawal pada tahun 1960-an. Saat itu perusahaan General Electric (GE) mengeluarkan produk satu set televisi yang memiliki pancaran radiasi 100.000 kali lebih banyak dari yang disarankan oleh ahli kesehatan.GE pun menarik kembali produknya dan memperbaiki pancaran radiasi televisi tersebut.
Namun sebenarnya ada bahaya yang lebih besar sebelum insiden GE. Ketika televisi dikembangkan sebelum tahun 1950-an, pancaran radiasi bahkan bisa menimbulkan masalah pada mata jika terus-menerus menonton televisi dalam waktu lama. Hal itu diungkapkan oleh Dr Norman Saffra dari Maimonides Medical Center di Brooklyn.
Pada akhirnya, isu televisi mampu merusak mata perlahan tidak begitu menguat. Sebab berbagai televisi modern sekarang telah dilengkapi dengan pelindung yang mencegah radiasi.
Masalah kesehatan yang biasa dialami yang berhubungan dengan televisi kini biasanya adalah kram dan kelelahan. Tentu saja keduanya bisa disembuhkan dengan cara mengistirahatkan mata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar